Jenis-Jenis Administrasi
1.
Jenis – Jenis Administrasi
a.
Administrasi Publik
Dalam
administrasi publik pokok kajian yang dibahas adalah tiga elemen utama dalam
sebuah negara. Ketiga elemen tersebut yaitu lembaga legislatif, eksekutif serta
yudikatif. Dalam kajiannya, administrasi publik mengaitkan ketiga elemen utama
negara tersebut dengan beberapa peraturan dan kebijakan yang berhubungan dengan
publik, tujuan negara serta etika yang menjadi acuan penyelenggara negara.
b.
Administrasi Pembangunan
Merupakan sistem
administrasi yang dibuat untuk melakukan pengendalian usaha oleh pemerintah.
Tujuannya adalah untuk meralisasikan pertumbuhan yang sudah direncanakan pada
suatu kondisi yang lebih baik serta maju pada beberapa aspek.
Sistem administrasi
pembangunan ini mulai muncul pasca perang dunia II. Dimana pada masa itu, semua
negara di dunia membutuhkan sebuah sistem untuk bisa menciptakan pembangunan
negara mereka
c.
Administrasi Lingkungan
Merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang
dilaksanaka pemerintah dan masyarakat yang tujuannya untuk mewujudkan wawasan
lingkungan serta tanpa mengesampingkan kualitas manusia dan lingkungan.
Pengertian mendasar administrasi menurut Sondang .P Siagian,
penulis buku Administrasi
Pembangunan, adalah keseluruhan proses kerja sama antara dua orang
manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai
tujuan yang telah ditentukan.
2.
Tingkat Jabatan Administrasi
a.
Manajer Administrasi
Manajer Administrasi memiliki tugas yang membedakannya
dengan tugas manajer kantor. Jika dibedakan lebih lanjut berikut ini perbedaan
manajer administrasi dan manajer kantor.
1)
Merencanakan
konsep utama yang harus dilakukan sesuai visi dan misi perusahaan. Kemudian
manajer administrasi mensosialisasikannya kepada manajer kantor.
2)
Melakukan
pengorganisasian segenap sumber daya yang ada pada tingkatan tataran yang
paling utama.
3)
Membuat
prosedur, teknis dan standar oprasional kerja (SOP) untuk divisi/ unitnya. Oleh
karenanya tugas manajer kantor adalah menginformasikan konsep dasar itu kepada
stafnya.
b.
Manajer Kantor
Manajer
kantor merupakan pejabat yang berada dalam level kedua dalam perkantoran.
Manajer kantor kedudukannya adalah asisten bagi top manajer. Oleh karena itu,
setiap devisi pasti memiliki penanaman yang sama untuk setiap pejabat seperti :
Manajer Pemasaran, Manajer Keuangan dan Manajer SDM. Adanya tingkatan manajer
berarti menunjukkan adanya perbedaan hak dan kewajiban di dalam melaksanakan
tugasnya masing-masing.
Tugas Manajer kantor yaitu :
1)
Kemampuan
memimpin
2)
Memiliki latar
belakang
3)
Kemampuan
melatih
4)
Kemampuan
mengungkapkan diri
5)
Kemampuan
bersikap terbuka
6)
Keingintahuan
7)
Kemampuan
mengembangkan kreativitas
8)
Kemampuan
mempertimbangkan dengan akal sehat
9)
Kemampuan
menjual gagasan
10) Kemampuan bekerja sama
11) Sabar
c.
Supervisor
Menurut
Moekijat (1997) tugas supervisor adalah :
1)
Member perintah
guna melaksanakan tugas
2)
Mengawasi tugas
karyawan
3)
Melatih karyawan
4)
Memelihara
hubungan baik antara karyawan dengan bijak
Ontoh dari jenjs jenis administrasi apa apa aja
BalasHapus